Fakta Unik - Helm Pernah Nyaris Musnah


FAKTA UNIK - Helm Pernah Nyaris Musnah

Fakta Unik - Helm Pernah Nyaris Musnah

Fakta Unik - Helm yang kini perkakas wajib biker, dulunya nyaris lenyap dari permukaan bumi. Itu karena helm tidak lagi efektif melindungi kepala prajurit di mendan tempur. Ya, helm memang awalnya merupakan perlengkapan prajurit Romawi dengan baju zirah dan perisai. Saat itu helm yang terbuat dari logam, berfungsi untuk melindungi kepala serdadu dari tebasan pedang dan anak panah.
Tapi munculnya senjati api pada tahun 1670-an membuat penggunaan helm merosot, bahkan nyaris lenyap karena tidak efektif lagi melindungi kepala. Bahkan pada abad ke-18, helm tidak lagi menjadi perlengkapan wajib prajurit infantri.
Untungnya, tak berselang lama Napoleon Bonarparte yang berkuasa di Francis pada tahun 1800-an mewajibkan kembali pengunaan helm pada prajurit kavaleri. Kemampuan helm yang berfungsi melindungi kepala, terlihat pada saat perang dunia pertama. Korban berkurang banyak akibat dari serpihan bom, karena bahan dan kualitas helm sudah berbeda dari jaman Romawi.
Karena sudah terbukti helm bisa mengurangi korban jiwa, maka sejak perang dunia kedua hingga sekarang, helm merupakan perlengkapan wajib sebagai pelindung kepala bagi prajurit. Akan halnya terciptanya helm motor, bermula saat kecelakaan motor yang dialami prajurit inggris T.E. Lawrence di kawasan Timur Tengah tahun 1920-an. Dia tidak memakai helm dan mengalami luka bagian kepala yang sangat serius sehingga membuatnya koma. Setelah 6 hari di Rumah Sakit, Lawrence meninggal dunia.
Salah satu dokter beda saraf (Neurosurgeon) yang menangani Lawrence bernama Huge Cairns, semenjak itu mulai melakukan penelitian terhadap biker yang kehilangan nyawa kerena luka kepala akibat kecelakaan motor. Sejak saat itu, publikasi penelitian Dokter Cairns memicu penggunaan helm untuk militer dan warga sipil, termasuk bagi para biker.
So, agar lebih aman naik motor, selalu gunakan helm.

Sumber: Majalah Dhahana


Thanks You For Visiting | Jangan Lupa Comment ya....!
Share on Google Plus

About Mata Air Ilmu

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

0 comments:

Post a Comment