Fingerboard " Mainkan Jari Mu "

Fingerboard " Mainkan Jari Mu "


Hiburan – Siapa yang nggak tahu skate board? Untuk memainkan olahraga ini emang kudu punya skill selain nyali tentunya. Tapi kalo nggak punya nyali ada lho skate board alternatif yang bisa kita memainkan tanpa perlu berisiko jatuh. Namanya Fingerboard alias skateboard mini dimana para pemain nggak perlu pakai papan skateboard. Cukup menggunakan papan skate mini ukuran panjang 10 cm yang dimainkan dengan jari tangan, maka pemainnya pun bisa langsung beratraksi.
          Permainan ini sesungguhnya adalah seni keterampilan jari, dimana pemainnya harus terampil mengolah papan board mini layaknya papan besar. Teknik loncatan demi loncatan dengan kedua jari (jari tengah dan telunjuk) merupakan teknik-teknik dan istilah serupa yang digunakan oleh para pemain skateboard dalam menunjukkan aksinya.
          Di Indonesia, komunitas Fingerboar ini sudah tersebar ke berbagai kota besar yang menamakan diri komunitas Fingerboard Indonesia. Menurut Angga Panda, pendiri komunitas Fingerboard Indonesia, permainan jari ini mempunyai keunikan tersendiri karena setiap teknik loncatan mempunyai tingkat kesulitan yang sama ketika diterapkan pada papan luncur.
          Bahkan untuk menyempurnakan teknik tersebut perlu panduan dari video ataupun sharing dan latihan bersama-sama dengan teman-teman komunitas. “Kedua jari yang digunakan ibarat kedua kaki yang berpijak pada sebuah skatebord,” ucapnya.
          Sementara anggota komunitas Fingerboard lainnya bernama Satria mengatakan, kedua permainan tersebut memiliki tantangan yang berbeda sehingga timbul sensai yang berbeda pula ketika melakukan masing-masing permainan tersebut.
          “Paling-paling mencoba membiasakan jari-jari untuk bergrerak layaknya sepasang kaki. Intinya, teknik pop (tendangan) ataupun flip-nya sama dengan skateboard. Faktor kesulitan semacam itulah yang membuat orang addict,” ungkap satria yang juga pemain skateboard ini.
          Meskipun kemunculannya terbilang baru, akan tetapi diperkirakan jumlah peminat fingerboard jari 3 kali lebih banyak dari skateboard aslinya. Kabar fingerboard sudah berhasil masuk di 5 besar game terpopuler di dunia. Komunitas Fingerboard Indonesia sendiri ternyata udah berhasil masuk lima besar Asia Tenggara.


Sumber: Majalah Dhahana
Share on Google Plus

About Mata Air Ilmu

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

2 comments:

  1. What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

    ReplyDelete