Ilmuwan Muslim - Ilmu Bedah al-Zahrawi

Ilmuwan Muslim - Ilmu Bedah  al-Zahrawi

Ilmuwan Muslim - Apa jadinya jika tidak ada al-Zahrawi. Mungkin kita akan hidup dengan penyakit dalam yang tidak ditemukan cara mengatasinya. Ia datang memperkenalkan ilmu pembedahan yang sehat dan steril sehingga ditemukan cara mengatasi penyakit dengan metodenya. Saat itu yang berkembang masih dengan penyembuhan lewat obat luar, semacam pil maupun serbuk.
          Ada banyak peralatan bedah modern mempunyai desain yang persis sama dengan peralatan yang digunakan oleh ahli bedah Muslim pada abad ke-10 yang bernama al-Zahrawi. Peralatan tersebut seperti pisau bedah, pemotong (gergaji) tulang, guting tang, guting halus untuk bedah mata dan ada sekitar 200 peralatan bedah yang telah al-Zahrawi temukan yang diakui oleh ilmu bedah modern.

Al-Zahrawi juga yang menemukan sejenis tali/senar khusus (dari usus hewan) yang digunakan untuk menjahit jahitan dalam untuk operasi bedah yang akan ‘menyatu’ secara alami (al-Zahrawi menemukan ini ketika seekor monyet menelan tali senar kecapinya) dan ini juga diterapkan pada pembuatan kapsul obat.
Share on Google Plus

About Mata Air Ilmu

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

2 comments: