Sehat Alami - Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sehat Alami - Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Kesehatan - Berbagai manfaat kesehatan dari buah noni atau yang di tanah air lebih dikenal dengan mengkudu merupakan buah tropis yang beberapa saat lalu sempat jadi primadona sebagai solusi alami untuk berbagai masalah kesehatan. Mengkudu memang kaya akan kandungan mineral yang penting seperti vitamin dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkudu juga punya kandungan proxeronine yang jika dikonsumsi sebelum makan akan berubah jadi xeronine di dalam tubuh Anda. Xeronine meupakan fitokimia yang memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Mengkudu juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk kecantikan Anda. Saat ini Anda dengan mudah bisa menemukan lulur mandi dan juga pewarna rambut yang memiliki kandungan ekstrak buah noni di pasaran. Apa saja manfaat mengkudu ini untuk kecantikan? Berikut 6 manfaat buah mengkudu untuk kecantikan dari laman Style Craze.

Mengatasi jerawat
Buah ini punya kandungan bahan anti-inflamasi, anti-bakteri dan sekaligus anti-virus yang cukup kuat. Selain itu, buah mengkudu juga memiliki kandungan berbagai antioksidan, salah satunya adalah vitamin C. Antioksidan berfungsi untuk melawan r4dikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel karena berbagai jenis masalah kulit, salah satunya adalah jerawat. Antioksidan di dalam mengkudu berfungsi melindungi kulit dari efek buruk jerawat dan membantu dalam memperbaiki kerusakan sel.
Sementara itu sifat anti-bakteri, anti inflamasi, dan juga anti-virus dalam mengkudu mampu mencegah peradangan serta infeksi lebih jauh. Ini sangat dibutuhkan agar jerawat di wajah cepat kering, tidak berubah menjadi merah, bengkak dan juga bernanah.

Mencegah penuaan dini
Paparan sinar ultra violet, berbagai polusi, stres dan berbagai bahan kimia dalam kosmetik dapat membuat Anda tambah tua lebih cepat. Akibatnya akan muncul garis-garis halus, wajah kusam, kulit kering, dan juga keriput meskipun usia Anda mungkin masih terhitung muda. Vitamin C dan juga phytochemical yang terdapat dalam buah mengkudu akan berperan sebagai antioksidan, penangkal r4dikal bebas yang dapat menjadikan kulit kehilangan keremajaannya. Selain itu, buah mengkudu juga memiliki kandungan selenium yang berfungsi dalam mempertahankan elastisitas kulit Anda dari dalam.
Untuk mendapatkan manfaat mengkudu sebagai anti penuaan dini, Anda bisa rutin mengkonsumsi jus mengkudu segar. Pilihlah mengkudu yang telah matang. Tidak perlu ditambahkan gula ataupun susu untuk dapat menutupi rasa dan juga aromanya yang mungkin kurang enak, karena dengan berbagai bahan tambahan nutrisi yang ada di dalamnya akan membuatnya teroksidasi dan rusak. Bagaimanapun juga sehat dan cantik memang butuh pengorbanan bukan?

Mengatasi peradangan kulit
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah noni ini mempunyai sifat anti-inflamasi. Karena itulah buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk dapat mengatasi peradangan di kulit, entah itu disebabkan jerawat, paparan sinar matahari yang berlebih, psoriasis ataupun alergi. Antihistamin di dalam mengkudu juga dapat membantu menghentikan adanya peradangan ini.
Sama halnya seperti pengobatan untuk jerawat, Anda dapat memanfaatkan buah mengkudu untuk pengobatan topikal. Oleskan saja daging buah mengkudu yang telah dihaluskan ataupun air perasan mengkudu di kulit yang bermasalah. Diamkan saja selama kurang lebih selama 10 menit kemudian Anda bilas.

Mengatasi rambut rontok
Mengkudu ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kerontokan. Vitamin dan mineral di dalam mengkudu akan dapat membantu menjaga kelancaran pada sirkulasi darah dan juga nutrisi ke kulit kepala. Dengan demikian pertumbuhan rambut juga tidak akan terganggu dan kesehatan kulit kepala yang dibutuhkan untuk menahan akar rambut dapat terjaga.
Minum jus ini dengan teratur akan membuat Anda bisa mendapat manfaat penuh dari buah mengkudu. Untuk melakukan perawatan rambut rontok Anda dari luar, Anda juga dapat memakai daging dari buah mengkudu yang telah dihaluskan untuk creambath.

Mengatasi ketombe
Karena buah mengkudu mengandung vitamin C dan juga berbagai antioksidan, buah ini dapat digunakan untuk mengatasi ketombe, terutama karena ketombe yang disebabkan oleh adanya bakteri serta infeksi jamur. Selain itu sifat asamnya juga akan mampu menyeimbangkan pH pada kulit kepala. pH yang seimbang ini dibutuhkan untuk dapat menjaga ketahanan kulit dari infeksi kuman dan juga bakteri.
Oleskan saja daging buah mengkudu yang telah dihaluskan ataupun jus buah mengkudu di kulit kepala Anda tiap kali keramas. Lakukan saja pijatan lembut pada kulit kepala Anda secara merata. Diamkan dulu selama beberapa menit, kemudian Anda bilas dengan memakai air bersih.

Mengatasi kutu
Apabila anak punya kutu rambut, daripada Anda mengobatinya dengan obat yang berbahan kimia berat, Anda dapat memilih cara yang alami, yaitu dengan cara memanfaatkan jus buah mengkudu. Jus mengkudu ini telah digunakan dari zaman dahulu sebagai obat anti kutu. Gigitan kutu rambut yang seringkali memicu infeksi di kulit kepala dapat diatasi dengan mengkudu. Sifat antibakteri dan antivirus pada buah mengkudu juga dapat mengatasi infeksi dengan memaksa kutu rambut untuk menjauh. Keramaslah dengan jus buah mengkudu secara teratur, itu akan menyingkirkan kutu berikut larva kutu dan sekaligus menyembuhkan infeksi sering yang disebabkan oleh gigitannya.
Itulah manfaat buah mengkudu untuk kecantikan. Jika Anda kesulitan mencari buah ini, berbagai jenis produk seperti jus mengkudu sudah mudah di dapatkan dimana-mana, jadi tidak usah khawatir.


Sumber: tipssehatalami.com
Share on Google Plus

About Mata Air Ilmu

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

2 comments:

  1. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    ReplyDelete